BPPTKG Prediksi Erupsi Merapi Lampaui Tahun 2006

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) memprediksi erupsi atau letusan Gunung Merapi dalam waktu dekat akan melampaui kekuatan erupsi tahun 2006. Hal ini diartikan radius aman kemungkinan melebihi jarak 5 kilometer dari puncak.

Berdasar analisis itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman telah menyiapkan skenario penanganan pengungsi yang tinggal hingga radius 9 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Kondisi Gunung Merapi pada 11 Desember 2020, teramati Asap 20 Meter di atas puncak kawah Gunung Merapi.
BPPTKG juga menginformasikan terdengar satu kali suara guguran Gunung Merapi dengan intensitas sedang dari Babadan pada periode pengamatan 11 Desember 2020 pukul 00:00 hingga 06:00 WIB.

Pada periode pengamatan yang sama juga teramati asap kawah berwarna putih dengan intensitas sedang dan tinggi 20 meter di atas puncak kawah Gunung Merapi.

BPPTKG melalui website www.merapi.bgl.esdm.go.id juga merilis aktivitas gas vulkanik yang merupakan salah satu parameter penting dalam mempelajari aktivitas magma sebelum terjadinya letusan. Disebutkan, secara umum kenaikan konsentrasi gas vulkanik adalah indikasi kenaikan aktivitas magmatik di gunungapi. 

Bagaimana aplikasi pemantauan gas vulkanik di Gunung Merapi? dan bagaimana cara mendapatkan data-data gas tersebut? 

Berikut Siaran Informasi BPPTKG "Geokimia Gas Merapi" pada November 2020 lalu





Kontributor: Tim local trip