Pantai Banyu Tibo: Perpaduan Menawan Air Terjun dan Pantai

Pantai Banyu Tibo di Kabupaten Pacitan



Indahnya panorama alam Indonesia memang tak akan pernah habis untuk dijelajahi.
Kali ini, Local Trip akan mengeksplor Pantai Banyu Tibo di Kabupaten Pacitan.
Apa sih yang membuat Pantai Banyu Tibo menarik?
Jawabannya adalah air terjun.
Air terjun? Ya, di sini ada air terjun yang tidak terlalu tinggi dan berhadapan langsung ke pantai.
Di Pantai Banyu Tibo ini, sobat triper akan dimanjakan dengan pemandangan sungai yang jernih bernuansa pedesaan.
Tak hanya itu, di tempat ini pula sibat triper bisa merasakan sensasi air terjun yang menyatu dengan pantai.
Air terjun yang tak kering di musim kemarau ini berasal dari sungai kecil dengan air jernih. Di sisi lain, topografi pantai ini sedikit curam, sehingga sobat triper perlu menyusuri beberapa anak tangga menuju pesisir pantai.
Sesampai di pantai, pasir putih kecoklatan menjadi salah satu esoktisme lain yang bisa dirasakan disini. Tak hanya itu, lihat keadaan sekitar pantai yang dikelilingi gunungan karang menambah eksotika pantai ini. 
Perpaduan air terjun dan pantai yang menawan


Selain pesona sekitar pantainya, sobat triper juga akan disuguhi penampilan karang-karang yang dikerubuti ikan-ikan kecil.
Lantas dimanakah letak Banyu Tibo itu? Banyu Tibo berada di Kabupaten Pacitan. Tepatnya berada di desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.
Sobat triper yang datang dari arah Solo, rute menuju Pantai Banyu Tibo yang dapat ditempuh dengan melewati Jalan Raya Wonogiri-Pacitan, menuju ke arah Pantai Klayar. Setelah melewati jalan pedesaan sekitar 10 kilometer, sobat triper akan sampai di Desa Widoro, yang merupakan lokasi Pantai Banyu Tibo.

Sementara rute itu, Pantai Banyu Tibo dari arah Pacitan antara lain dengan melalui Jalan Nasional 3 arah Pacitan-Donorejo, hingga ke Kecamatan Punung. Lantas ikuti petunjuk arah menuju ke Pantai Banyu Tibo.
Segera agendakan untuk pergi bersama teman, saudara, maupun keluarga. Jangan lupa, abadikan momen berharganya. Kapan lagi bisa berbilas dengan segarnya air terjun setelah berenang di laut? 
Kontributor: Danang Wahyudi