Nikmati Suasana Lord of the Rings di Banyuwangi

Hutan Jawatan


Banyuwangi yang terletak di ujung timur Provinsi Jawa Timur ini merupakan ‘jembatan’ penghubung antara Pulau Jawa dan Pulau Bali. Jadi tidaklah mengherankan jika beberapa tradisi dan kesenian di Banyuwangi juga memiliki sedikit kemiripan dengan di Bali.
Tak hanya tradisinya, keindahan alam Banyuwangi pun layak disandingkan dengan Bali. Di kota yang dijuluki The Sunrise of Java ini terdapat banyak lokasi yang menawarkan keindahan alamnya. Mulai dari laut, gunung, hingga hutannya.
Kali ini, sobat triper diajak menikmati keindahan hutan jawatan yang berada di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi.
Hutan Jawatan dengan luas sekitar 3,8 hektar ini adalah milik perhutani. Sebelumnya, di tempat ini didirikan sebuah bangunan untuk pengelolaan transportasi Kereta Api. Hingga akhirnya pada tahun 1952, tempat ini sebetulnya bukan dibangun untuk resapan air dan penimbun kayu jati yang dikelola oleh Perhutani Banyuwangi.
Seiring berjalannya waktu, keberadaan pohon-pohon trembesi yang rindang dan menjulang tinggi menciptakan sebuah pemandangan nan eksotis, sehingga traveller yang datang ke sini untuk menikmati pesonanya.
Jika sobat triper punya hobi hunting foto, maka saat yang tepat ialah di sore hari ketika sinar matahari menerobos masuk melalui celah-celah pepohonan sehingga tampak begitu magis, layaknya pemandangan hutan yang ada di film Lord of the Rings.
Hutan Jawatan saat senja


Selain menyuguhkan keindahan alam, kawasan wisata Jawatan juga menawarkan beberapa aktivitas lain seperti memancing dan arung jeram.
Arung jeram di tengah hutan Jawatan. Foto: indonesia.tripcanvas.co


Di Jawatan Benculuk ini terdapat lumayan banyak kelelawar. Hewan malam ini tinggal di bangunan lama yang dulu difungsikan sebagai pengelolaan Kereta Api, dan terkadang keluar saat siang hari juga untuk mencari makan.
Untuk mencapai hutan Jawatan tidaklah susah karena berada di tengah kota yang mudah diakses baik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Gerbang Jawatan berada 50 m dari jalan raya Jember-Banyuwangi. 


Penulis: Eny Sumilasih
Editor: Agus Hermawan