Menyaksikan Tempat Favorit Penyu Raksasa dari Samudera Hindia dan Pacific

Pantai Sukamade

Pantai Sukamade yang berada di Desa Sarongan, Pesanggaran Banyuwangi  adalah surganya penyu bertelur. Tak hanya menyaksikan langsung penyu yang bertelur, di sini juga sobat triper dapat melihat penangkaran penyu dan mengikuti kegiatan pelepasan tukik (anak penyu) ke laut.
Pantai Sukamade yang lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri ini, letaknya searah dengan Pantai Rajekwesi dan Pantai Teluk Hijau. 
Medan berbatu menuju Pantai Sukamade. Foto: Tripadvisor.co.id

Dari pintu gerbang Taman Nasional Meru Betiri, untuk mencapai Pantai Sukamade bisa ditempuh dengan menggunakan mobil 4 WD, sepeda motor atau jalan kaki menempuh jalan berbatu dan melewati sungai yang menantang adrenalin sobat triper.
Selama ribuan tahun, Sukamade adalah tempat favorit bagi penyu-penyu raksasa dari Samudera Hindia dan Pacific untuk bertelur karena tempatnya dan sangat minim dari gangguan manusia.
Pada puncaknya, dalam sehari penyu yang mendarat bisa mencapai 80 ekor, mulai dari petang sampai pagi, namun belakangan jumlahnya terus menurun hingga tinggal belasan ekor saja.Salah satu penyebabnya banyaknya kapal-kapal nelayan yang mencari ikan di sekitar Pantai Sukamade memasang lampu yang sangat banyak di kapalnya membuat lokasi perairan menjadi terang. Akibatnya penyu menjadi takut untuk mendarat karena ia tidak suka cahaya. Karena itu di pantai dilarang menyalakan lampu supaya kondisi pantai tetap gelap gulita untuk membuat kondisi sealami mungkin bagi penyu mendarat. 
Terdapat empat spesies penyu yang bertelur di Pantai Sukamade, yaitu Penyu Hijau (Chelonia mydas), Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata), Penyu Slengkrah (Lepidochelys olivacea), dan Penyu Belimbing (Dermochelys coriaceae). Dari empat spesies penyu tersebut, Penyu Hijau adalah jenis  yang paling banyak dan mudah ditemukan bertelur di Pantai Sukamade. 
WWW (World Wide Fund for Nature) dalam laporan penelitiannya menyebutkan, Pantai Sukamade merupakan tempat pendaratan penyu hijau terbaik di Indonesia.
Di Sukamade terdapat tempat penangkaran penyu semi alami, dilakukan di kantor resort Sukamade, SPTN 1 Sarongan, Taman Nasional Meru Betiri. Kalau sobat triper ingin menyaksikan penyu bertelur, harus menginap karena waktunya berlangsung pada malam hari. 
Untuk bermalam, sobat triper gak perlu bingung, karena di Sukamade ada dua pilihan penginapan. Pertama ada di desa Sukamade yang berjarak sekitar 4-5 KM dari pantai. Kedua, ada penginapan di sekitar pantai Sukamade. Sedangkan buat sobat triper yang suka petualangan, tersedia camping ground yang dilengkapi dengan fasilitas seperti Mushola, kamar mandi umum dan kantin/warung yang hanya buka di hari-hari libur. 


Penulis: Umarella
Editor: Agus Hermawan