Ke Rembang? Kunjungi Pulau Gede Ya..

Pulau Gede



Rembang adalah kabupaten di provinsi Jawa Tengah berbatasan dengan provinsi Jawa Timur. 

Saat di Rembang, sobat traveller bisa sekaligus menikmati eksotika Pulau Gede yang terletak di perairan Laut Jawa, tepatnya di utara Kabupaten Rembang.

Pulau yang tidak berpenghuni ini berjarak tidak lebih dari 5 km dari bibir pantai di kota Rembang. Secara administratif, Pulau Gede berada di Desa Wates Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang. 

Perjalanan dari garis pantai Desa Wates membutuhkan waktu sekitar 30 menit menggunakan kapal nelayan.

Hutan bakau dan bermacam-macam tanaman keras tumbuh liar dan asri di tengah indahnya lautan. Udara di Pulau Gede juga bebas polusi. 

Pulau Gede yang luasnya sekitar sembilan hektare itu, hanya dihuni aneka serangga dan burung. Sementara dari jenis vegetasi, pulau ini didominasi pepohonan dengan ketinggian antara 4 hingga 7 meter, meski pada beberapa tempat nampak pohon yang menjulang tinggi hingga puluhan. 

Jika cuaca sedang cerah, sobat traveller bisa melihat kokohnya Gunung Muria di sebelah barat dan Gunung Lasem di arah timur. 

Tak hanya itu, di pulau dengan hamparan pasir putihnya yang luas ini, sobat traveller juga bisa menikmati sunset maupun sunrise. 

Terumbu karang perairan Pulau Gede. Foto: travelingyuk.com



Selain itu sobat traveller juga bisa melakukan kegiatan menyelam untuk menikmati indahnya pemandangan bawah laut Pulau Gede, karena sekitar 5 meter dari bibir pantai dengan kedalaman sekitar 1  meter kita sudah akan dimanjakan oleh gugusan terumbu karang yang dikerubuti beberapa jenis spesies ikan. 


Penulis: Khoiriyah
Editor: Agus Hermawan