Goa Widodaren, Kecantikan Tersembunyi Di Bromo

Goa Widodaren


Nama Bromo pasti sudah tidak asing bagi sobat traveller. Maka tak heran bila keindahan gunung di Jawa Timur ini menjadi destinasi utama sobat traveller. 
Datang untuk menyaksikan 'negeri di atas awan' atau keindahan sunset mungkin jadi tujuan utama sobat traveller saat ke Bromo. Namun, tahukah sobat traveller bila ada keindahan goa cantik yang berada di kawasan Bromo? Jika traveller lebih cermat, ada salah satu objek yang menarik tapi sering luput dari perhatian. Apakah itu? Ya.. mata air di Goa Widodaren.
Goa ini tidak seberapa jauh dari kawah Gunung Bromo. Namun, kondisi medan yang sulit, yakni berupa jalan setapak berupa tanah yang sangat rawan longsor dengan lebar hanya sekitar 30 cm dan diapit jurang yang sangat dalam, membuat goa ini tidak bisa dilalui dengan kendaraan apapun. 
Jalan setapak menuju Goa Widodaren


Jalur menuju lokasi Goa Widodaren yang ekstrim, mungkin cocok bagi sobat traveller pecinta petualangan.
Untuk bisa sampai ke Goa Widodaren, sobat traveller harus jalan kaki sekitar 1 jam. Bagi sobat traveller pecinta adventure, mungkin jalur ini terbilang mudah. Namun bagi traveller pemula, jalur ini mungkin sangat melelahkan.
Lelahnya perjalanan ekstrim menuju goa akan langsung lenyap ketika sobat traveller sampai di sana. 
Tempat ini sebenarnya tidak terlihat seperti gga pada umumnya. Tapi, masyarakat menyebutnya goa.
Goa ini dijadikan sebagai lokasi pemujaan masyarakat Hindu Tengger. Di bibir gua, terdapat mata air yang mengalir cukup deras dan dipercaya oleh masyarakat Tengger sebagai air suci yang mampu menghasilkan panen yang melimpah. Selain mata air, berdiri patung yang digunakan sebagai pemujaan umat Hindu Tengger.
Tampak dari mulut goa, Gunung Bromo terlihat berbeda dari posisi ini. Kabut yang menyelimuti badan gunung tentu bakal menggoda hati sobat traveller untuk mengarahkan bidikan kameranya.


Penulis: Sugeng Suprayitno
Editor: Agus Hermawan