Cicipi Kuliner Khas Kalteng

Kota Palangkaraya



Setelah menikmati air tejun Tosah di Desa Muara Ja’an, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah, kali ini local trip mengeksplor aneka kuliner yang recommended di salah satu provinsi terbesar di Pulau Kalimantan ini. 
Cita rasa makanan khas Kalimantan Tengah kebanyakan lahir melalui tangan masyarakat Suku Banjar dan Dayak yang berani menggunakan bahan-bahan unik dan didapat dari alam.
Berikut ulasan kuliner Kalimantan Tengah yang direkomendasikan bagi sobat triper:

1. Sajian Jelawat
Sajian ikan Jelawat


Bagi sebagian sobat triper, mungkin nama ikan ini terdengah asing karena Jelawat merupakan ikan endemik di sungai-sungai Kalimantan. 
Untuk mengolah ikan ini umumnya dibakar dan digoreng menggunakan bumbu-bumbu khas. Bahkan ada juga yang mengolahnya dengan cara di Gulai.
Kelembutan daging ikan ditambah bumbunya yang gurih harus sobat triper cicipi saat berkunjung ke Kota Palangkaraya.

2. Juhu Umbut Rotan
Juhu Umbut Rotan. Foto: borneo24.com


Kuliner ini berbahan dasar rotan muda. Dengan cita rasa sedikit pahit yang berpadu dengan gurihnya rempah-rempah, ditambah kuah yang terbuat dari santan (atau tanpa santan) akan memberikan pengalaman berbeda bagi sobat triper dalam menjelajahi kuliner khas Palangkaraya.
Sobat triper tak perlu takut tekstur keras dari makanan ini karena rotan muda ini memiliki tekstur yang kenyal.

3. Keripik Kalakai
Keripik Kalakai. Foto: cookpad.com


Tanaman Kalakai adalah salah satu bahan makanan khas dari nenek moyang masyarakat Dayak. 
Daun Kalakai


Kalakai dipercaya masyarakat memiliki manfaat mengobati diare, hingga mencegah penuaan dini pada kulit.
Tumbuhan kalakai kerap diolah menjadi camilan berupa keripik yang sangat digemari. Dengan rasa gurih dan tekstur renyah, makanan khas Kalimantan Tengah ini cocok menjadi santapan waktu santai sobat triper.

4. Kalumpe
Kalumpe atau Karuang yang berbahan tumbukan daun singkong


Makanan khas Kalimantan Tengah ini juga dikenal dengan nama Karuang. Terbuat dari daun singkong yang ditumbuk halus dan diolah dengan kuah kental yang kaya rempah-rempah. Ditambah pula dengan terong kecil, taburan kacang tanah dan ikan teri yang sudah disangrai atau digoreng, sayuran tradisional khas Kalimantan tengah ini sangat pas dimakan bersama nasi hangat dan sambal terasi.

5. Juhu Kujang
Juhu Kujang


Selanjutnya, sayuran yang bisa jadi teman santap siang sobat triper saat berkunjung ke Palangkaraya adalah Juhu Kujang. Makanan khas Kalimantan Tengah ini terbuat dari keladi ditambah ikan yang dimasak dengan kuah berbumbu rempah-rempah khas.

6. Juhu Singkah Enyuh
Juhu Singkah Enyuh. Foto: travelingyuk.com


Dalam bahasa setempat, Singkah Enyuh merupakan umbut kelapa yang tumbuh di ujung atau pucuk tunas kelapa. 
Dengan tekstur empuk dan disirami kuah dengan cita rasa gurih dari berbagai rempah-rempah pilihan, kuliner khas ini sangat pas menjadi lauk pendamping makan siang ataupun makan malam sobat triper.

7. Sambal Kandas Sarai
Sambal Kandas Sarai

Buat sobat pecinta rasa pedas, olahan sambal tradisional Kalimantan Tengah satu ini harus sobat triper cicipi. Terbuat dari perpaduan cabe, rempah-rempah serta sarai atau serai, sambal ini memiliki sensasi rasa unik untuk melengkapi cita rasa olahan Ikan Jelawat, Patin, dan berbagai makanan khas Kalimantan Tengah Kalimantan Tengah lainnya.

Selain menjelajahi keindahan alam dan bercengkerama dengan masyarakat Kalimantan Tengah yang ramah, sobat triper harus mencicipi kekayaan makanan khas bumi Borneo ini untuk melengkapi petualangan sobat triper.
Segera agendakan bila sobat triper sudah siap untuk berpetualang di Kalimantan Tengah.


Kontributor: Gufron Andrian