Tips Menikmati Blue Fire Kawah Ijen

Kawah Ijen berada diantara dua kabupaten yakni Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pesonanya sungguh menggoda pecinta travelling. Ditambah lagi, akses untuk menikmati keindahan kawah belerang yang masih aktif ini pun relatif mudah dijangkau. 

Bagi traveller, artikel ini mungkin berguna untuk mengetahui tips saat berkunjung ke Kawah Ijen. Berikut gambaran tentang Kawah Ijen yang terkenal dengan Blue Fire-nya:

1. Suhu di Kawah Ijen Dingin

Suhu dingin di Kawah Ijen dingin sangat wajar berada di ketinggian 2.443 mdpl.

Suhu di Kawah Ijen antara 2°C – 12°C. Sedangkan temperatur di kawah dapat mencapai 600°C.

2. Persiapan Khusus

Untuk menyaksikan Blue Fire Kawah Ijen yang fenomenal, diperlukan persiapan khusus, baik secara fisik maupun mental.

3. Pastikan Membawa Perlengkapan

Perlengkapan dipacking serapi mungkin pada backpack yang nyaman dan juga water resistant agar segala perlengkapan aman dalam berbagai kondisi.

Bagi pemula, berikut persiapan-persiapannya:

1) Latihan fisik beberapa hari sebelumnya agar tidak mengalami kram otot selama perjalanan. 

2) Gunakan pakaian berlapis dan jaket tebal. Suhu udara di Kawah Ijen sangat dingin dan dapat mencapai suhu 2°C. Tidak hanya udara dingin, angin di sini juga sangat kencang yang menjadikan udara semakin dingin dan menusuk tulang.

3) Gunakan sepatu yang memiliki alas bergerigi atau sepatu khusus gunung. Jalan menuju Kawah Ijen itu berkerikil ditambah dengan jalan yang menanjak dan sangat jauh. Oleh karena itu, pastikan menggunakan sepatu yang nyaman namun juga tetap dapat menopang tubuhmu dengan sangat baik.

4) Gunakan syal dan topi untuk melindungi kepala dari udara dingin. Syal juga dapat melindungi pernapasan akibat gas beracun yang keluar dari Kawah Ijen.


5) Bawa barang seperlunya saja. Jangan sampai barang bawaan yang banyak menjadi beban. Bawa air minum dan bekal makanan secukupnya saja. 

6) Senter. Untuk menikmati Blue Fire, perjalanan dimulai malam hari. Oleh karena itu, sepanjang perjalanan menuju Kawah Ijen pemandangan yang terlihat hanyalah gelap gulita.

7) Masker. Masker biasa tidaklah cukup karena bau belerangnya sangat tajam dan berpontensi merusak kesehatan paru-paru. 

8) Kacamata UV. Ketika mulai mendekat ke Blue Fire dan ingin mengabadikan momen di sana maka pastikan menggunakan kacamata UV demi melindungi mata dari gas kawah yang terbawa oleh angin.