Menikmati Pesona Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura


Air terjun Madakaripura terletak di Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Jarak dari pusat Kota Probolinggo kurang lebih 37 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 15 menit. Dari Probolinggo, rute yang dilalui untuk menuju Air Terjun Madakaripura adalah melewati kecamatan Lumbang.

Madakaripura menyandang predikat sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa, dengan ketinggian sekitar 200 meter. Air terjun ini juga tercatat sebagai tertinggi kedua di Indonesia setelah air terjun Ponot di Sumatera Utara yang memiliki ketinggian sekitar 250 meter. Tak hanya tertinggi di Pulau Jawa, air terjun ini juga dikenal menjadi tempat pertapaan Mahapatih Gadjah Mada.

Untuk mencapai lokasi air terjun, traveller harus berjalan sekitar setengah jam dari area parkir kendaraan, melalui jalan setapak yang berada disamping aliran sungai yang berasal dari Air Terjun Madakaripura. Sepanjang perjalanan, tebing hijau di kanan-kiri sungai, ditambah suara-suara dari hewan liar senantiasa menemani perjalanan traveller.

Saat musim hujan, beberapa air terjun kecil tampak mengalir di sela-sela tebing. Panorama seperti itu seolah membuat rasa lelah sepanjang perjalanan menjadi terlupakan. Suasana pegunungan yang sejuk tidak membuat tenaga terlalu dikuras.

Semakin dekat dengan air terjun, lembah sungai pun menyempit ibarat ngarai dan suasananya pun berubah seolah sedang turun hujan kendati cuaca cerah. Di ujung ngarai, tampak air terjun yang menjulang tinggi, itulah Air Terjun Madakaripura. Terdapat beberapa ceruk di belakang air terjun, konon di sanalah dahulu Gadjah Mada bertapa.

Waktu paling tepat untuk mengunjungi Air Terjun Madakaripura adalah di akhir musim penghujan yakni sekitar bulan Mei-Juni, karena curah hujan sudah mulai berkurang sehingga tak perlu khawatir terjadi banjir. Selain itu, saat puncak musim hujan, kunjungan ke air terjun ditutup karena rawan longsor dan banjir.


Penulis: Wulandari
Editor: Agus Hermawan