Jelajahi Kuliner Lumajang Yuk!

Bagi traveller, nama kita Lumajang pasti sudah tak asing. Selain nama Gunung Semeru yang sudah mendunia, destinasi wisata di Lumajang juga sangat menarik. Tapi yang akan dibahas saat ini bukan eksotika alamnya ya... Kita akan eksplor kulinernya.

Dibawah ini adalah kuliner khas kabupaten Lumajang yang harus dicoba sekaligus buat oleh-oleh.

Lontong Petis

Pertama, Lontong Petis. Di Jawa Timur, banyak makanan yang menggunakan bumbu petis ini. Salah satu menunya adalah lontong petis. Namun di Lumajang, lontong petis biasa dikolaborasikan dengan sayur daging ayam, telur ayam, tahu dan lainnya. Selain murah, lontong petis bisa dimanfaatkan untuk pengganjal perut yang lagi kosong lho...

Kedua, Pecel Telo. Di Lumajang, pecel telo sudah menjadi jajanan dan makanan yang populer. Keberadaan makanan ini sudah lama di Lumajang. Pecel telo khas Lumajang merupakan makanan yang diolah dari jantung pisang, semanggi, genjer, kacang panjang dan kecambah seperti bahan utama pecel pada umumnya. Lantas yang membedakan pecel Lumajang ini adalah bumbunya yang dibuat dari ubi jalar sebagai bahan utamanya.

Bledus

Ketiga, Bledus. Makanan ini juga salah satu kuliner khas Lumajang yang masih diminati hingga sekarang. Bahan pembuatan bledus ini berbahan dasar dari jagung pipil kering yang direndam semalaman sebelum direbus hingga empuk. Dalam penyajiannya, bledus ditaburi kelapa parut untuk menambah rasa gurih dengam tampilan yang unik.

Lalu keempat, Lupis khas Lumajang. Kue lupis ini memiliki aneka ragam rasa dan bentuknya yang unik. Kue lupis dibuat dari beras ketan, yang di dalamnya terdapat gula merah dan bisa memberikan sensasi seperti meletus ketika digigit.

Lupis
Lupis khas Lumajang sangat cocok dimakan sore hari sambil menikmati pemandangan indah kota Lumajang.

Selanjutnya, kelima adalah Kue Latok. Makanan ini memang bukan asli Lumajang. Tapi kudapan latok ini mudah didapat di Kota Lumajang. Warna merah dan hijau dari makanan ini akan lebih menarik ketika disajikan dengan taburan kelapa parut.

 

Kue Latok

Sedangkan keenam, Pisang Agung. Ini merupakan buah ciri khas yang dimiliki oleh Lumajang. Pisang Agung berukuran sangat besar dan tersebar luas di daerah Senduro, Ranuyoso dan Klakah. 

Pisang Agung

Pisang Agung berbentuk seperti tanduk yang panjang. Ukurannya mencapai 2 atau 3 kali lebih panjang dari pisang biasa.

Kuliner ketujuh adalah olahan Pisang. Saking melimpahnya pisang agung, banyak warga Lumajang mengembangkan buah pisang menjadi varian menu makanan baru. Diantaranya adalah keripik pisang. Sesuai namanya, keripik pisang ini berbahan dasar pisang yang dikeringkan menjadi keripik yang enak dan lezat. Selain keripik pisang, kuliner olahan pisang lainnya adalah tape pisang.

Keripik Pisang


Tape pisang ini merupakan makanan khas Lumajang berbahan dari pisang dan juga singkong yang difermentasi menggunakan ragi. Perpaduan antara rasa pisang dan singkong hasil fermentasi ini menghasilkan rasa yang unik.

Selain keripik pisang diatas kabupaten Lumajang ini juga memiliki varian keripik lainnya yakni Keripik Tempe, Keripik Nangka, Keripik Talas dan Keripik Ubi Ungu yang memiliki rasa dan aroma yang manis.

Itulah berbagai makanan khas dari Lumajang yang dieksplor. Mungkin masih banyak lagi makanan yang unik dan khas dari Lumajang yang belum sempat dijelajahi.



Penulis: Anggi
Editor: Agus Hermawan