Ke Jember? Nikmati Segarnya Guyuran Air Terjun Tancak

Air terjun Tancak









Air Terjun Tancak berada di Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Banyak yang menyebut bahwa Air Terjun Tancak ini, merupakan air terjun yang jatuh dari langit.

Air terjun itu diketahui memiliki mitos yang sampai saat ini masih dipercaya. Mitos yang berkembang adalah sosok Dewi Rengganis yang sering mandi di tempat tersebut. Dan bahkan diyakini telah mendirikan kerajaan kecil di puncak gunung Argopuro. Air terjun tersebut memang berada di kawasan Gunung Argopuro. 

Air Terjun Tancak ini merupakan salah satu air terjun yang eksotik. Air terjun ini memiliki ketinggian 82 m dengan debit air 150 meter kubik perdetik. Suasana yang hijau di sekitar air terjun membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Lokasi Air Terjun Tancak ini sangatlah cocok bagi Anda yang menyukai tantangan alam. 

Perjalanan menuju Air Terjun Tancak tidak sulit. Dari kota Jember menuju Panti ditempuh kira-kira 45 menit. Setelah itu, Anda harus berjalan kaki kira-kira 3,5 km menelusuri jalan setapak. Jangan khawatir dengan kendaraan Anda, untuk parkir kendaraan sudah terdapat di daerah pemukiman tepat sebelum jalan beraspal berakhir. 

Lebih dari setengah perjalanan merupakan medan terbuka. Saat musim kemarau, akan terasa sangat panas menyengat. Walaupun begitu, pengunjung memang disarankan melakukan perjalanan pada musim kemarau, karena saat musim penghujan akan sangat becek dan banyak hewan pacet yang bisa mengganggu perjalanan Anda. 

Setelah kurang lebih 1 jam menelusuri jalan setapak, Anda bisa menjumpai Air Terjun Tancak yang tersembunyi oleh pepohonan. Perjalanan dengan beberapa jalan yang menanjak dan melewati sungai kecil benar-benar menguras energi, apalagi saat ditempuh saat matahari sedang sangat terik. Akan tetapi, ketika sampai di air terjun, semua rasa lelah ternyata bisa hilang seketika. Guyuran Air Terjun Tancak  benar-benar memberi kesegaran yang luar biasa.


Penulis: David Agung Prasetyo

Editor: Agus Hermawan