Mau ke Bondowoso? Yuk, Kunjungi Pemandian Alam Tasnan

Pemandian Tasnan

Terletak tidak jauh dari jalan raya serta dikelilingi oleh rimba pinus yang cukup lebat, pemandian Tasnan terletak di Desa Taman Kecamatan Grujukan sekitar +/- 8 Km arah selatan Pusat Kota Bondowoso  tepatnya arah perjalanan dari Kota Bondowoso ke Kota Jember. Pemandian alam Tasnan memiliki panorama yang indah, kendati dari mulut ke mulut pernah dikisahkan jika kolam renang satu ini cukup angker.

Seputar awal tahun 2000-an, sempat beredar video kejadian tenggelamnya anak kecil di kolam ini yang dihubungkan dengan penghuni obyek wisata yang minta tumbal. Disamping itu, dalam video singkat aktifitas uji nyali yang kini telah dihapus dari mesin telusur internet, juga digambarkan adanya penampakan di pohon besar tepi kolam.

Keberadaan Pemandian Tasnan ini sudah ada sejak jaman Belanda dan merupakan bagian dari Fasilitas yang dibangun untuk kepentingan Kolonial Belanda beristirahat. Hingga kini masih dilestarikan dan bahkan beberapa kali ada perbaikan untuk melestarikannya. Suasana sejuk bisa kita dapatkan di Taman Pemandian ini karena dikelilingi rerimbunan hutan pinus disekitarnya. Sebagai salah satu tempat wisata alam, yang recommended untuk dikunjungi bila melakukan perjalanan ke kota Bondowoso yang terkenal dengan tape atau olahan singkong difermentasi ini. 


Penulis/Editor: Agus Hermawan