Mengintip Pesona Desa Glingseran Kabupaten Bondowoso

 

Taman Rengganis

Glingseran merupakan salah satu desa di Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso.

Desa Glingseran yang lokasinya berada tepat di bawah lereng Gunung Argopuro, memiliki destinasi wisata berupa Air Terjun Sulaeman dan mata air yang tidak pernah surut meski musim kemarau dan diyakini sebagai petilasan Dewi Rengganis. Bahkan, masyarakat mempercayai mata air Dewi Rengganis dapat mengobati segala jenis penyakit dan membuat awet muda.

Wisata desa ini menawarkan alam yang asri dan udara yang sejuk. Selain menikmati keindahan air terjun Tancak Sulaiman, pengunjung juga dapat menemui pemandangan persawahan terasering yang tak kalah saing dengan Ubud Bali.

Untuk memanjakan pengunjung, desa ini didesain menjadi desa wisata yang dilengkapi dengan gazebo, jembatan gantung yang berwarna-warni, wahana flying fox dan aneka usaha kuliner oleh warga setempat.

Selain pesona alam, di Desa yang berjarak sekitar 30 kilometer dari Kota Bondowoso ini juga terdapat sebuah situs purbakala, yaitu Situs Glingseran. 

Situs Glingseran


Lokasi Situs Glingseran sebenarnya tidak terlalu jauh dari Situs Menhir yang terletak di Desa Banyuputih Kecamatan Wringin. Kedua situs ini hanya dipisahkan oleh wilayah administrasi pemerintah desa. 

Kedus situs ini dipercaya sebagai peninggalan zaman pra sejarah, atau lebih tepatnya yaitu zaman Batu Megalitikum yang juga kerap dikenal dengan zaman batu besar, dimana pada saat itu semua manusia membuat segala yang mereka butuhkan dengan batu.

Situs Menhir


Pengunjung Situs Glingseran dan Situs Menhir sebagian besar adalah arkeolog atau mahasiswa untuk melakukan penelitian tentang keberadaan dan jejak masa lampau dari situs tersebut.


Penulis/Editor: Agus Hermawan