Mengenal Gunung Argopuro Dengan Jalur Pendakian Terpanjang di Pulau Jawa

 

Gunung Argopuro tampak dari desa Rambipuji, Jember



Kita kerap mendengar beberapa gunung punya predikat tersendiri, misalnya tertinggi, terekstrim, terangker hingga trek terpanjang. Di Jawa, Gunung Argopuro memiliki predikat gunung dengan jalur pendakian terpanjang dan membutuhkan waktu lumayan lama untuk mendakinya.

Sejauh apa sih Gunung Argopuro? Gunung Semeru, yang notabene adalah gunung tertinggi se-Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 mdpl, hanya butuh waktu sekitar 3 hari 2 malam untuk naik ke puncak hingga turun lagi. Lantas kenapa di Gunung Argopuro, yang punya ketinggian maksimal 3.088 mdpl, perlu waktu hampir seminggu untuk mendakinya. 

Berbeda dengan gunung lainnya di pulau Jawa, Argopuro memiliki jalur pendakian dengan total jarak sekitar 45 km. Jarak itu pun tidak bisa ditempuh secara terus menerus, mengingat tidak sedikit kondisi jalur lintasan yang ekstrim. Letak Argopuro yang diapit gunung populer yakni Semeru dan Raung ini pun juga menarik minat pendaki untuk memacu adrenalinnya. 

Gunung Argopuro masuk ke dalam 5 wilayah administrasi kabupaten yaitu Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, dan Situbondo. Gunung ini berada dalam kawasan Suaka Margasatwa Dataran Tinggi Yang (Hyang) yang memiliki luas hampir 15 ribu hektar, karenanya tidaklah heran apabila masih banyak hewan liar yang ada di hutan Argopuro. Bahkan hewan-hewan liar dari berbagai spesies sering terlihat melintas di jalur pendakian. 

Argopuro memiliki 3 puncak yaitu Puncak Rengganis (2.980 mdpl), Puncak Arca/Hyang yang bisa dibilang puncak semu, dan puncak tertingginya adalah Puncak Argopuro (3.088 mdpl). Puncak-puncak tersebut masuk wilayah administrasi Kabupaten Jember. Puncak Rengganis dengan kawahnya yang berwarna putih kekuningan bernama Kawah Sijeding. Di sekitaran Puncak Rengganis juga bisa ditemukan reruntuhan bangunan dikelilingi tembok yang diperkirakan dibangun pada abad ke-12 masehi. Reruntuhan itu menyerupai kompleks kraton lengkap dengan candi, pura, serta area pemandian. Namun sayang wujudnya sudah tidak utuh. Dua puncak yang lain berada diseberang Puncak Rengganis, yakni Puncak Argopuro dan Puncak Arca/Hyang.

Puncak Rengganis


Selain di puncak Rengganis, keunikan juga ada di Puncak Arca/Hyang. Disana terdapat satu arca berbentuk sapi, namun kepalanya terpenggal. Belum diketahui apakah sejak awal memiliki bentuk kepala terpenggal atau karena kepalanya hilang akibat ulah oknum yang tidak bertanggungjawab. Selain puncak Rengganis, di Argopuro juga terdapat padang savana yang sangat luas bernama Cikasur. 

Padang Savana, Cikasur


Cikasur merupakan savana yang ada di jalur pendakian Baderan. Cikasur menjadi bumi perkemahan bagi pendaki karena selain ketersediaan air yang cukup dari Sungai Qolbu, juga menjadi tempat yang nyaman bagi hewan-hewan eksotik seperti misalnya merak hijau, ayam hutan, rusa, dan beberapa hewan lainnya.

Secara resmi, jalur pendakian Gunung Argopuro terdapat di Desa Baderan Kabupaten Situbondo dan juga Desa Bremi Kabupaten Probolinggo.


Penulis: Yanuar Prasetyo

Editor: Agus Hermawan