Galakkan Serap Aspirasi, Nanang Handono Bertekat Membangun Bersama Masyarakat

 

H. Nanang Handono bersama masyarakat pesisir di Kabupaten Jember. Foto: ist

Bertemu dengan salah satu pengurus Himpunan Nelayan Puger, Ir. H. Nanang Handono berusaha menyerap aspirasi masyarakat pesisir di Kecamatan Puger Kabupaten Jember pada Rabu 26 April 2023.

Pada pertemuan tersebut, Khotibin, yang merupakan salah satu pengurus Himpunan Nelayan Puger menyampaikan keluh kesah nelayan yang selama ini belum mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah.

Khotibin juga menyatakan jika masyarakat, bahkan anggota kelompok Himpunan Nelayan Puger, selama ini sulit untuk memperoleh bantuan yang bisa menunjang kemajuan nelayan, khususnya di pesisir selatan Kabupaten Jember ini.

H. Nanang Handono (berkacamata hitam). Foto: ist

Menanggapi keluhan tersebut, Nanang Handono, menjelaskan jika pihaknya akan berupaya mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan melalui kelembagaan agar punya akses serta daya tawar lebih kuat, berbagai fasilitas pendanaan, juga pelatihan diversifikasi usaha.

Masih kata Direktur Kompetensi dan Produktivitas Konstruksi Kementerian PUPR tersebut, pihaknya akan membangun strategi-strategi dalam melaksanakan pemberdayaan untuk masyarakat pesisir.

"Langkah-langkahnya yang akan dilakukan yakni menganalisis keadaan atau potensi sumber daya, menentukan materi pemberdayaan, pendekatan metode pemberdayaan dan pendampingan kegiatan pemberdayaan," terangnya.

Dalam pertemuan tersebut hadir juga Kepala Desa Mlokorejo, H. Mahfud yang juga menyampaikan terkait bantuan dari H. Nanang dalam membangun desanya.

Bantuan yang dibutuhkan desanya, imbuh Mahfud, diantaranya adalah pelatihan-pelatihan untuk mengembangkan kreativitas masyarakat di dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada.