Eksistensi Sahabat Tino Sebagai Pondasi Peningkatan Ekonomi Melalui Gerakan Berkah 3S

Komunitas Sahabat Tino bersama generasi milenial Jember. Foto: ist

Selama bulan suci Ramadhan 1444 H / 2023 M, komunitas Sahabat Tino, yang dimotori oleh Tino Cahyono, terus bersafari untuk menggaungkan Gerakan Berkah 3S (Berkreasi Bersama Airlangga Hartarto Sambangrupo Sambungroso Sumbangrogo) di seluruh wilayah Kabupaten Jember.

Kali ini, Selasa (4/4/2023), safari dilakukan di kecamatan Patrang, tepatnya di Warung Pak Iswandi Jalan Kartini sembari mengusung tajuk “Membangun Kekuatan Pondasi Menuju Peningkatan Ekonomi”.

Dalam acara yang dihadiri tokoh masyarakat dan pemuda tersebut, Tino mengajak seluruh elemen di Kecamatan Patrang untuk terus membangun kebersamaan.

“Kita membangun kebersamaan untuk menggalang suatu kekuatan untuk meraih cita-cita sebagai penguat ekonomi rakyat,” katanya.

Harapannya adalah, imbuh Tino, supaya kebersamaan komunitas Sahabat Tino selalu terjaga setiap melaksanakan tugas, sehingga pengabdian terhadap masyarakatdemi peningkatan perekonomian dapat terlaksana.

Tino lantas menyebutkan modal peningkatan perekonomian tidak hanya terletak pada sumber daya alam atau sumber daya manusia, tetapi juga modal psikologis yaitu HERO meliputi harapan (hope), kepercayaan (self-efficacy), ketahanan (resilience), dan optimisme (optimism). 

HERO ini saya rasa sebagai buffer cukup kuat untuk membuat kita senantiasa bergerak ke arah yang lebih maju untuk mencapai ambisi kolektif menjadi negara besar,” tutur Tino.

Masih kata Tino, sebab itu eksistensi komunitas Sahabat Tino diperlukan untuk mendukung adanya perubahan struktur ekonomi berbasis pengetahuan dan jasa sehingga dapat meningkatkan nilai tambah. Di sisi lain, juga membangun kesadaran, minat, serta partisipasi masyarakat dalam seluruh kegiatan ekonomi.

“Upaya, strategi, dan kerja sama yang solid dari seluruh anggota komunitas Sahabat Tino dalam membangun kekuatan pondasi menuju peningkatan ekonomi rakyat,” pungkas Tino.