Mengenal Cecep Heriyana Sang Juara Moto GP Asal Indonesia yang Terlupakan

Cecep Heriyana saat menjuarai Moto GP di Macau. Foto: ist

Cecep Heriyana saat menjuarai Moto GP di Macau. Foto: ist


Jauh sebelum nama Valentino Rossie, Marc Marquez dan lain-lain berjaya di ajang balap motor Grand Prix (GP) dunia, tahukah sobat triper jika di Indonesia terlebih dahulu?

Pada era 70an, Indonesia mempunyai pembalap motor GP yang pernah berlaga di banyak sirkuit dunia, seperti Italia, Jepang, Jerman, Singapura serta meraih juara dunia di Grand Prix Macau.

Dia adalah Cecep Ewyong Heriyana, atau Kang Cecep yang biasa ditulis Cecep Heriyana saja sewaktu berlaga di sirkuit.

Kecintaan Cecep pada balap motor sejak usia anak-anak. Pada usia 13 tahun, secara otodidak ia mulai belajar banyak hal untuk mengasah kemampuan balapnya. Konon ia pernah belajar tentang mesin motor ke Jerman dan Italia.

Cecep Heriyana (nomor 10) saatberlaga di sirkuit. Foto: ist

Cecep mengaku sudah meraih ratusan medali selama berkarier di dunia balap motor. Namun, semangat dan kegigihannya untuk berprestasi di dunia balap motor harus terhenti pada 1974.

Saat itu, ia terpaksa gantung helm di usia 35 tahun akibat kecelakaan di ajang moto GP Batu Tiga, Kuala Lumpur, Malaysia yang mengakibatkan cedera parah di bagian kaki.

Menurutnya, pada era tersebut, pembalap-pembalap motor Indonesia selalu diperhitungkan negara lain. Bahkan, pada tahun 1970an, di Asia Tenggara, pembalap Indonesia paling ditakuti karena kemampuan dan keberaniannya.

Dibalik prestasinya yang pernah membawa nama harum Indonesia dalam ajang bergengsi bertaraf intenasional itu, kini Kang Cecep yang pada 2022 berusia 83 tahun, pembalap asal Tanah Pasundan tersebut tinggal di Panti Jompo dengan kesejahteraan yang kurang.

Meski tak lagi bisa memacu motornya di sirkuit, ia tetap menujukkan kecintaannya pada dunia balap motor. Ia masih mengikuti perkembangan dunia balap ‘kuda besi’ hingga kini. Mulai dari pembalap yang beradu cepat di MotoGP, perkembangan mesin motor balap hingga perkembangan setiap sirkuit yang ada di dunia termasuk Mandalika.

Potret Cecep Heriyana dulu dan kini. Foto: google image

Saat mengetahui pada Maret 2022, Indonesia menjadi tuan rumah ajang moto GP, ia mengaku sempat terkenang ketika dirinya dalam masa kejayaannya sebagai pembalap. Bahkan ia sangat berkeinginan untuk melihat secara langsung kemampuan pembalap internasional dalam menguasai sirkuit Mandalika.

Hingga akhirnya, keinginan Cecep untuk melihat balap motor di sirkuit Mandalika diwujudkan oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang mengajak dirinya menonton secara langsung beberapa waktu lalu. 


Artikel ini disusun localtrip dari berbagai sumber