KNPI Jember Siap Perjuangkan Aspirasi dari OKP

 

Sosialisasi Musda Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jember. Foto: doc

Sebagian besar Organisasi Kepemudaan (OKP) yang ada di Kabupaten Jember, memadati Balai Desa Jubung di Kecamatan Sukorambi menghadiri Sosialisasi Musda Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jember.

Selain sosialisasi Musda, gelaran tersebut pada Sabtu 13 Agustus 2022 itu juga sebagai ajang ramah tamah dan sekaligus ini menjadi wadah aspirasi dari perwakilan OKP untuk dapat diperjuangkan oleh KNPI Jember kedepannya.

Saat itu, beberapa aspirasi yang disampaikan adalah keterlibatan pemuda dalam partisipasi pembangunan daerah, serta upaya KNPI untuk dapat menjadi fasilitator yang bisa menjembatani kebutuhan dasar OKP seperti penguatan kelembagaan dan ruang kreasi yang lebih luas.

Dalam kesempatan tersebut Ketua KNPI Jember, Bhisma Perdana mengatakan, organisasi yang dipimpinnya saat ini, pada masa mendatang harus mampu menjadi versi terbaik, mengingat tantangan zaman yang lebih berat dari waktu ke waktu.

Dijelaskannya pula, ancaman perpecahan yang selalu menjadi bahaya laten bagi Bangsa Indonesia juga harus menjadi konsentrasi para pemuda.

Sebab itu, imbuhnya, pemuda harus terbiasa bersatu jangan mudah di pecah belah, minimal dengan terbentuknya persatuan pemuda yang kuat, akan menjadi modal besar mengawal persatuan dan kemajuan Bangsa Indonesia.

"Setiap momentum biasanya ada saja yang menginginkan ketidakkompakan. KNPI Jember berharap pemuda dapat mencegah segala upaya yang memecah belah persatuan dan semangat kebersamaan para pemuda, khususnya di Jember. Karena dalam sejarah KNPI Jember tidak pernah berpecah, menandakan kuatnya semangat persatuan yang dimiliki pemuda-pemudi di Jember," papar Bhisma.

Dia juga berkata, dalam keinginan untuk mencapai tujuan pribadi, jangan sampai mengorbankan kepentingan kebersamaan dan kepentingan lain yang lebih besar. Itu semangat yang harus dimiliki oleh pemuda-pemudi di Jember.

"KNPI Jember sudah melewati semua tahapan dan mekanisme internal untuk menuju Musda KNPI 19 Agustus 2022. Kita sangat berharap, dapat melahirkan kepemimpinan KNPI yang lebih baik lagi, karena tujuan kaderisasi adalah melahirkan kader yang lebih baik dari sebelumnya. Hari ini kita melihat semua pihak eksternal telah menghormati mekanisme kelembagaan di KNPI yang sudah berjalan, harapan selanjutnya semua pihak dapat mendukung dan mendoakan KNPI Jember yang baru nanti, saya pribadi yakin kepemimpinan KNPI kedepan akan menghadirkan inovasi dan lompatan terbaik guna membawa KNPI kembali pada masa Jayanya," pungkas Bhisma.

Rencananya, Musyawarah Daerah (musda) KNPI Jember yang akan diselenggarakan pada 19 Agustus 2022 tersebut akan dihadiri langsung Ketua Umum dan Sekjend DPP KNPI Pusat Haris Pratama dan Gandung RN Huda, dan ketua DPW KNPI Jatim Himawan Probo Pamungkas serta Sekretaris DPW, Liga Alam M.