Kenapa Nyamuk Suka Darah Manusia?

Nyamuk. Foto: google image

Kita tentu merasa tidak nyaman dan jengkel ketika mendapat gigitan nyamuk yang sangat gatal dan membuat bentol di kulit, selama sedang beraktivitas di dalam dan luar rumah. Kenapa sih mereka harus menyedot darah manusia?

Secara umum nyamuk betina dan jantan dewasa memakan nektar atau madu dari tanaman sebagai sumber nutrisi utama mereka. Namun perbedaannya adalah nyamuk jantan secara eksklusif memakan nektar bunga, sedangkan nyamuk betina memerlukan banyak protein yang bisa mereka dapatkan dari darah mamalia seperti manusia untuk mengembangkan telurnya.

Darah mamalia kaya akan protein dan zat besi yang penting bagi nyamuk betina untuk membantu mereka menghasilkan dan mengembangkan sel telur mereka. Ketika nyamuk betina telah cukup menghisap darah dari inangnya, mereka akan segera bertelur dan memulai siklus hidup mereka kembali.

Berdasarkan hasil studi yang telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah Neuron itu, nyamuk menyukai darah manusia karena dianggap memiliki rasa "asin dan manis".

Setelah cukup memakan darah, nyamuk betina akan beristirahat dalam beberapa hari antara 2 atau 3 hari sambil menunggu darah dapat tercerna dengan baik sebelum akhirnya bertelur dan siap untuk berburu darah kembali.

Artikel ini disusun dari berbagai sumber