Siapakah yang Menemukan Padi Untuk Diolah Menjadi Nasi?

Tanaman padi. Foto: ist

Siapa yang tak mengenal padi atau dalam bahasa Latinnya adalah Oryza Sativa?

Ya.. padi adalah bahan pokok banyak orang, terutama di wilayah asia untuk diolah menjadi beras sebelum akhirnya dijadikan nasi. 

Nasi menjadi makanan pokok pada beberapa negara di asia, salah satunya di Indonesia.

Menurut penelitian Penerbitan Akademi Ilmu Alam Amerika Serikat, padi pertamakali sudah dikembangkan di Cina sembilan ribu tahun lalu, kendati nama penemunya tidak diketahui.

Pendapat lain tentang oryza sativa ini menyebutkan, padi itu sudah dikembangkan di Thailand, sekitar 4000 tahun sebelum Masehi. Lalu mulai menyebar ke Cina selatan dan juga wilayah India.

Pendapat tersebut didasari bukti bahwa ditemukan sample beras tertua di India sekitar tahun 2500 SM, sedangkan di Cina 3000 SM.

Teori selanjutnya, dimana masa pra sejarah padi dianggap sejenis rumput-rumputan. Namun karena proses tak sengaja seperti kebakaran hutan, maka padi keluar dari cangkangnya dan menjadi beras.

Sedangkan pada cerita Nusantara Kuno, terdapat kisah yang menarik tentang Dewi Sri atau di daerah sunda dikenal Pohaci Sanghyang Asri. Sedangkan di Bugis menjadi Sangiang Serri yang lantad disebut sebagai dewi pertanian, dewi yang mengajarkan tentang padi yang bisa diolah menjadi bahan pokok sumber makanan manusia.

Lantas siapakah Dewi Sri itu? Kalau kita merujuk pada kitab Samawi yaitu Kitab Enoch/Henokh maka Dewi Sri bisa saja termasuk 200 malaikat yang jatuh ke Bumi atau yang sering disebut "Fallen angels" atau "The Sons of God".


Artikel ini disusun dari berbagai sumber