Program Warkop Kuning, Salah Satu Tindakan Nyata Sahabat Tino Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

Tino Cahyono (tengah). Foto: doc

Program pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan perekonomian rakyat terus digulirkan Tino Cahyono, melalui komunitas Sahabat Tino.

Program yang digulirkan tersebut diantara pembagian seperangkat warung kopi dan angkringan atau yang hingga kini tenar disebut dengan Warkop Kuning. Tak hanya perangkat berdagang, Sahabat Tino juga menyertakan modal awal bagi masyarakat yang ingin membuka usaha warung angkringan tersebut.

Distribusi pembagian warkop kuning. Foto: doc

Kali ini, Selasa (28/6/2022) Tino Cahyono membagikan warkop kuning pada Cak Samsul Thok yang merupakan tokoh masyarakat dari Dusun Kedungnilo Desa Karangsemanding Kecamatan Balung Kabupaten Jember.

Sesaat setelah menerima warkop kuning, Samsul mengungkapkan, dirinya hanya bisa berterimakasih pada Tino Cahyono, selaku penggagas Sahabat Tino.

Dikatakannya pula, sebagai wujud rasa terimakasihnya, dia juga menyatakan komitmen untuk senantiasa pendukung segala program dari Sahabat Tino.

"Saya melihat di Jember, Sahabat Tino banyak berkiprah dan peduli pada masyarakat melalui sektor pemberdayaan UMKM-nya," terangnya.

Sementara itu, Tino Cahyono mengatakan, komunitas Sahabat Tino tetap bertekad untuk menggerakan roda perekonomian rakyat, khususnya melalui pemberdayaan masyarakat pada sektor UMKM.

"Terbukti sektor UMKM memberikan pengaruh yang nyata bagi peningkatan perekonomian masyarakat," terang Tino.

Masih kata Tino Cahyono, melihat kondisi saat ini, masyarakat sekarang lebih memerlukan tindakan yang nyata daripada sekedar sajian program tanpa ada aksi.

"Sekecil apapun usaha yang kita berikan, jika itu nyata, tentu akan bisa bermanfaat bagi masyarakat," terang Tino yang juga merupakan ketua Airlangga Hartarto Lovers (AHL) Jawa Timur. (her)