Melongok Konsistensi Sahabat Tino dalam Menjalankan Program Peningkatan Perekonomian Masyarakat

Suharsono (berpeci) menerima warkop kuning dari Tino Cahyono (kedua dari kanan). Foto: doc

Tak hanya menyerahkan seperangkat warung kopi kuning pada satu penerima saja, pada Selasa (28/6/2022), komunitas Sahabat Tino yang dimotori oleh seorang entrepreneur di Jember, yakni Tino Cahyono, juga membagikannya di kecamatan lain.

Penerima bantuan warkop kuning tersebut yakni Suharsono, warga Dusun Gudang Desa Tamansari dan Abdul Latif, penjual cilok asal Dusun Kauman Desa Tempurejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember.

Disela menyerahkan bantuan berupa perlengkapan dan modal usaha untuk berdagang minuman kopi tersebut, Tino mengungkapkan masih banyak yang masuk daftar tunggu sebagai calon penerimanya.

"Kita menyediakan bantuan tersebut secara bertahap karena keterbatasan tenaga kerja yang membuat gerobak untuk warkop tersebut," jelas Tino.

Kendati demikian, imbuhnya, Sahabat Tini akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengerjakan semuanya dengan lebih cepat.

"Kita juga tidak ingin kualitas dari gerobak yang kami (Sahabat Tino) berikan kualitasnya buruk karena dikerjakan dengan terburu-buru," kata Tino.

Masih kata Tino program pembagian warkop kuning dari Sahabat Tino akan terus berjalan dan mentargetkan dari semua golongan untuk diberdayakan guna meningkatkan kemampuan perekonomiannya.

"Sahabat Tino akan konsisten dan selalu berusaha ada di tengah masyarakat yang membutuhkan tanpa membedakan suku, agama maupun golongan," tegas Tino.

Mengakhiri percakapannya Tino menegaskan, calon penerima diharap bersabar untuk menanti penyelesaian warkop kuning yang hingga kini terus digenjot pengerjaannya.

Sementara itu, Suharsono, saat menerima bantuan seperangkat warkop kuning berujar, dirinya sangat kagum dengan aksi nyata komunitas Sahabat Tino yang gigih dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui penguatan sektor UMKM.

"Saya merasakan, dari sekian banyak komunitas yang ada, khususnya di Jember, hanya Sahabat Tino yang konsisten dalam menjalankan program-programnya, terutama  dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat," ujar pria yang merupakan anggota komunitas Alumni SMA Mumbulsari itu.

Abdul Latif (ketiga dari kiri) saat menerima warkop kuning dari Sahabat Tino. Foto: doc

Hal senada juga disampaikan oleh Abdul Latif yang berprofesi sebagai penjual cilok. Dirinya bahkan mengaku sangat beruntung bisa bersatu dalam komunitas Sahabat Tino.

Dikatakannya pula, sebagai wujud rasa kebanggaannya, dia juga menyatakan komitmen untuk mendukung segala program yang digagas Tino Cahyono, yang diketahuinya juga sebagai ketua Airlangga Hartarto Lovers Jawa Timur.

"Saya yakin Sahabat Tino akan konsisten dalam program peningkatan perekonomian masyarakat, melalui penguatan sektor UMKM," terangnya.

Diketahui, Sahabat Tino merupakan komunitas yang tengah menjalankan program peningkatan perekonomian masyarakat, salah satunya dengan pembagian seperangkat warkop kuning beserta modal awal untuk berdagang.

Hingga saat ini, komunitas tersebut telah menyalurkan bantuan berupa warkop kuning di ratusan lokasi yang tersebar se-kabupaten Jember. (her)