Menguak Penyangga Tatanan Negara Indonesia



Profesi petani yang kian ditinggalkan kaum muda.
Foto: istimewa

Sebuah kalimat panjang yang memberikan makna tertentu, biasanya akan disingkat agar mudah diingat. Misalnya seperti kalimat 'Dia Orang Istimewa', disingkat 'DOI'. Jadi adanya singkatan/kependekan 'kata' bermanfaat untuk memudahkan maksud.

Baca juga: Gadis Dayak yang Memikat

Lawan dari kependekan adalah kepanjangan. Sebuah kalimat panjang yang dipendekkan biasanya juga menyimpan maksud tertentu. Misalnya seperti nama dari sebuah merek mobil 'Kijang'.

Ternyata kata 'Kijang' adalah kependekan dari kalimat 'Kerjasama Indonesia dan Jepang', lho. 

Ilustrasi pensil. Foto: google image

Selain itu ada juga kata 'Pencil'. Pencil atau kita menyebutnya pensil, merupakan alat tulis yang ditemukan oleh insinyur asal Perancis bernama Nicolas Jacques Conte pada tahun 1795. Alat tulis tersebut pertama kali dibuat dengan campuran bubuk granit dan tanah liat sebagai pengikat.

Kata 'pencil' berasal dari kalimat yang cukup panjang, yaitu 'Personal Emergency Non Computerized Information Lifesaved', yang artinya kira-kira; penyelamat informasi non komputerisasi darurat pribadi.

Maksudnya, alat yang membantu buat menuliskan kata secara manual tanpa perlu menggunakan komputer.

Selanjutnya ada juga istilah/kata 'Petani' yang ternyata istilah tersebut memiliki kepanjangan dari Penyangga Tatanan Negara Indonesia.

Petani di Indonesia. Foto: istimewa

Istilah tersebut disampaikan oleh Bung Karno pada 1952 saat menggalakkan swasembada pangan sebagai penjamin stabilitas nasional. Bung Karno ingin mengangkat derajat petani untuk melawan penjajah, ada yang menyebut, beliau ingin mengambil hati para petani. Karena kita tahu, jika Indonesia merupakan negara agraris dengan lahan luas dan subur.

Baca juga: Jejak Sejarah Kutang

Kata 'Petani' berasal dari kata 'tani', dalam Bahasa Sansekerta, yang berarti tanah yang ditanami. Sementara dalam Bahasa Jawanya; palemahan sing ditanduri (tanah yang ditanami). Ketika mendapat tambahan 'pe', maka kata 'tani' yang sebelumnya adalah objek menjadi subjek.


Artikel ini disusun local trip dari berbagai sumber