Lautan Angker di Indonesia

Tak sedikit orang yang mengkaitkan laut dengan peristiwa-peristiwa mistis. Misalnya Segitiga Bermuda, yang hingga kini menjadi lautan paling angker di dunia. 

Konon kawasan ini dipercaya bisa menenggelamkan siapa saja yang berani melintas.

Baca juga: Eksplorasi Rumah Pengabdi Setan

Tahukah sobat triper bila di Indonesia juga memiliki lautan yang angker? 

Berikut 5 laut Indonesia yang dipercaya sebagai kawasan angker.

Laut Selatan

Ombak laut selatan Pulau Jawa yang terkenal ekstrim.
Foto: istimewa

Konon laut yang terletak di sisi selatan Pulau Jawa ini disebut sebagai singgasana Nyi Roro Kidul. Mitosnya, siapapun tidak boleh berkunjung ke tempat ini menggunakan pakaian berwarna hijau karena akan Nyi Roro Kidul bakal merasa ditantang untuk menenggelamkan yang berani melanggar aturan itu.


Segitiga Masalembo

Kawasan Segitiga Masalembo. Foto: istimewa

Kawasan Segitiga Masalembo dianggap sebagai singgasana jin dan siluman. Besarnya ombak dan badai yang datang sewaktu-waktu di Segitiga Masalembo disebut akan menenggelamkan siapa saja yang melintas di atasnya. Untuk terhindar dari hal itu, masyarakat percaya dengan menyiapkan sesajen untuk arwah para penunggu.

Baca juga: Kisah Mistis Dibalik Kemegahan Istana Bogor


Selat Bali

Selat Bali. Foto: istimewa

Meski tak terlalu luas, namun lautan yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Bali ini terkenal angker. Menurut masyarakat setempat, tenggelamnya kapal Rafelia II pada Maret 2016 adalah awal selat Bali menjadi angker dan sering menimbulkan fenomena aneh, misalnya tiba-tibs terjadi badai. Konon, fenomena itu dipercaya sebagai akibat dari makhluk gaib yang ingin mencari teman.


Selat Karimata

Peta selat Karimata

Akhir 2014 terjadi sebuah kecelakaan pesawat yang menyebabkan 162 korban meninggal dunia. Kejadian ini diperkirakan berada di Selat Karimata.

Selat ini dikenal angker karena dipercaya terdapat kerajaan jin yang berdiri di tengah-tengah selat. Konon, Ratu Junjung Buih yang merupakan pemimpin kerajaan tersebut kadang menginginkan tumbal manusia. 

Baca juga: Aura Misterius Dibalik Eksotisme Rumah Tjong A Fie

Perairan Natuna Utara

Perairan Natuna

Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir di kawasan ini terjadi ratusan kecelakaan kapal. Tercatat sejak 1999, ada 300 lebih kapal yang mengalami nasib buruk di perairan ini. Masyarakat setempat mengaitkan fenomena ini dengan keberadaan makhluk gaib yang menguasai tempat itu. 


Artikel ini disusun dari berbagai sumber