Keangkeran Kompleks Makam Mr X Sidoarjo

Kompleks pemakaman Mr X di Sidoarjo. Foto: istimewa

Komplek makam yang berada di jalan raya Magersari, Kelurahan Pucang, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur menyimpan sejuta kisah dan misteri. Ratusan jenazah telah disemayamkan di kompleks seluas 20x50 meter milik Pemkab Sidoarjo ini.

Bila dibanding dengan makam yang kerap dilabeli angker, bisa dikatakan tempat satu ini masih sedikit asing di telinga. 

Baca juga: Mitos Asal Usul Kuntilanak Merah

Di komplek pemakaman ini, jenazah yang dikebumikan mulai dari yang tidak punya keluarga, korban kecelakaan tidak beridentitas, korban Petrus (penembakan misterius) hingga yang jenazah terduga teroris Sidoarjo dan Surabaya.

Warga sekitar kompleks pemakaman  mr x, yang bersebelahan dengan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kelurahan Pucang itu dikenal sangat angker. Awalnya, kompleks makam yang ada sejak tahun 80 an itu cukup luas. Namun sekarang kondisinya semakin sempit ketika Pemerintah Sidoarjo membutuhkan bangunan untuk gedung Kantor Dinas Kesehatan.

Baca juga: Fakta Unik Gedung Grahadi di Surabaya

Menurut warga, sering terjadi kejadian di luar logika. Mulai dari bau amis darah hingga aroma busuk yang menusuk hidung. 

Ilustrasi penampakan hantu wanita.
Foto: istimewa

Bukan hanya itu, hari-hari tertentu, misalnya malam Jumat, sering terjadi penampakan berwujud perempuan bergaum putih dengan wajah rusak yang berdiri di depan makam.

Hingga kini, komplek makam Mr X yang dikelola oleh Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo itu tetap menjadi rujukan bagi jenazah yang tidak diketahui identitasnya dan tidak memiliki keluarga.


Sumber: merdeka