Meski Ekstrim, Tetap Jadi Idola Peziarah

Goa yang terletak di Desa Giri Cahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, yang menyimpan aura mistis dan disebut sebagai tempat berinteraksi dengan Ratu Pantai Selatan Nyi Roro Kidul.

Gua Langse

Nama Gua Langse tidak begitu familiar bagi traveller wisata Yogyakarta. Namun, bagi para spiritual nama Gua langse yang ada di Desa Giri Cahyo, Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, tidak asing. Terutama bagi yang pernah merasakan meditasi atau ziarah ke gua tersebut.

Untuk menuju ke mulut Gua, pengunjung harus melewati jalan setapak dengan lebar paling besar satu meter. Selain itu, harus melewati tangga dari kayu, anak tangga dari batu kapur hingga akar-akar pepohonan yang banyak menjulur di kaki-kaki bukit. Tenaga ekstra dibutuhkan untuk turun dan naik tangga tersebut. Dari batu Plawangan tersebut, pengunjung bisa menikmati hamparan nan luas laut selatan yang berwarna biru. Di sebelah barat terlihat indah Pantai Parangtritis yang terkenal karena menjadi Ikon wisata di Yogyakarta. Gua Langse terletak di Girijati, Area Hutan, Giricahyo, Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk mencapai tempat ini Anda harus menempuh waktu sekitar satu jam atau memakan jarak tempuh 31 Kilometer dari pusat Kota Yogya.



Menurut cerita, Gua Langse merupakan gua yang sering dikunjungi peziarah. Terutama malam Jumat Kliwon dan malam Selasa Kliwon. Sebab, peziarah yang bertirakat ke Gua Langse dapat menemui Ibu Ratu Kidul penguasa pantai selatan Yogyakarta.

Baca juga: Fakta Unik Gedung Grahadi di Surabaya

Konon, peziarah yang datang ke Gua Langse ini tidak hanya dari kalangan masyarakat biasa, tapi juga pejabat hingga tokoh politik. Bahkan, Presiden Soekarno dan Sri Sultan Hamengku Buwono IX sering datang ke gua ini. Bahkan Sultan HB IX waktu itu datang ke Gua Langse tidak dengan pengawal, namun sendirian.

Aris mengatakan pula, bermeditasi di tempat ini akan sangat nyaman. Sebab, suasananya sangat sepi dan gelap, sehingga peziarah dapat dengan mudah bermeditasi. Bahkan, banyak peziarah datang berkunjung hingga berhari-hari dan berminggu-minggu. Jika waktu malam Jumat Kliwon para peziarah bisa mencapai puluhan orang. 

Akses menuju lokasi terbilang ekstrem karena sobat triper harus berjalan kaki cukup jauh dari parkiran menuju lokasi. Selain itu, sobat triper juga akan melawati jalanan menanjak. 

Meski melelahkan, pemandangan hamparan lautan pantai Parangtritis dan alam sekitar yang begitu indah akan memikat siapa saja berkunjungg ke sini. 

Bagaimana, tertarik menikmati eksotisme Gua Langse yang melegenda di Gunungkidul?


Artikel ini disusun dari berbagai sumber