Kuliner Rakyat, Rasa Konglomerat


Olahan genjer

Sobat triper tahu gak bila ada tanaman sejenis rumput yang menjadi gulma di persawahan dan bisa menjadi makanan yang enak dan bergizi. 

Bahkan gulma yang dianggap sebagai tanaman pengganggu itu pun bisa dijadikan sebagai hidangan yang lezat dan sudah masuk ke daftar menu di restoran mewah. 

Tanaman apa sih? Ya.. Namanya genjer. Berikut local trip bahas soal kenikmatan dan manfaat genjer.


Baca juga: Berburu Nikmatnya Kaki Lembu Donggala

Genjer merupakan jenis rumput atau gulma yang biasa hidup bersanding dengan tanaman padi dan mempunyai nama latin Limnocharis Flava ini ternyata juga mempunyai banyak gizi. Genjer yang nikmat untuk dikonsumsi adalah yang hidup saat masa panen padi.

Genjer (Limnocharis flava)

Selain lezat, genjer memiliki manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah menperlancar saluran pencernaan. Namun bagi yang sedang menderita diare sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi genjer karena akan semakin memperparah keadaan. Namun genjer juga diyakini mampu membuat stamina menjadi bertambah.

Manfaat lainnya yaitu bisa sebagai pembersih pada air yang terdampak limbah atau pencemaran air. Tanaman yang masih saudaranya eceng gondok kerap dijumpai di perairan dangkal maupun sawah. Berbeda dari eceng gondok yang mengapung, tumbuhan genjer ini biasa ditemukan terbenam di dalam genangan lumpur dengan daun berbentuk tegak ataupun miring. Bagian dari daun genjer sendiri biasa diolah menjadi berbagai olahan masakan, mulai dari yang berkuah, tumisan hingga sekedar campuran dalam urap sayur.

Daun genjer memiliki cita rasa yang unik yakni sedikit pahit akan tetapi bertekstur kenyal. Namun jika sudah diolah bersama dengan bumbu-bumbu dapur daun genjer bisa menjadi sebuah makanan yang lezat lho. 

CEO Telegram bersama Rudiantara saat makan bersama dengan menu genjer. Foto: @rudiantara_id

Sobat triper tahu gak, bila sayur genjer juga pernah menjadi salah satu santapan CEO Telegram? Ya.. Pavel Durov ketika bertemu Rudiantara saat masih menjabat Menteri Komunikasi dan Informatika pada 2017 lalu pada sebuah restoran mewah di Jakarta menyantap sayur genjer yang merupakan salah satu menu makanan khas Indonesia yang menggoda dari restoran dengan suasana klasik ini. Kunjungan Durov pun sempat dikicaukan oleh Rudiantara di akun Twitternya @rudiantara_id.

"Makan siang dengan Pavel @durov CEO Telegram. Nasi hijau, bakwan jagung, gurame goreng, sayur genjer, udang sambal," tulis Rudiantara.


Kontributor: Lutfi Bashori