11 Orang Tewas Akibat Longsor di Sumedang

Bencana longsor di Sumedang

Longsor yang terjadi di Dusun Bojong Kondang, RT 03/10, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada Sabtu (9/1/2021) mengakibatkan 11 korban jiwa.

Bencana longsor pertama terjadi Sabtu sore sekitar pukul 15.30 WIB dan kemudian terjadi dua kali longsor susulan pukul 18.30 WIB.

Longsor susulan pada Sabtu malam itu juga nyaris menimbun Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto beserta sejumlah wartawan.

Kepala Basarnas Bandung Deden Ridwansah mengatakan, hingga Minggu (10/1/2021), 11 orang ditemukan meninggal dunia, tiga orang selamat, dan delapan orang masih dalam pencarian.

Tiga korban meninggal adalah Komandan Koramil Cimanggung Kapten Inf Setiyo Pribadi, Kepala Seksi Trantibum Kecamatan Cimanggung Suhada, dan Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumedang Yedi.

Baca juga: Sejarah dan Spesifikasi Boeing 737-500

Korban meninggal lainnya yaitu enam laki-laki, dan masing masing satu anak perempuan dan laki-laki yang belum diketahui identitasnya.

Deden menuturkan, tim Basarnas Bandung menemukan ada retakan di atas bukit yang berpotensi dapat menimbulkan terjadinya longsor susulan.


Kontributor: yudi/jabarekspres