Mengenal Sobirin, Pelukis dengan Teknik Garis-Garis

 
Mochamad Sobirin



Seni rupa merupakan seni yang sudah sangat lama dikenal oleh umat manusia. Terbukti dengan banyaknya peninggalan yang berhasil ditemukan oleh para ahli sejarah.
Seni rupa banyak melahirkan pelukis terkenal dengan berbagai aliran, sebut saja Affandi, Basuki Abdullah yang cukup melegenda di tanah air.
Kali ini, local trip akan mengeksplor dan mengenal pelukis yang ada di Kota Cimahi yang tergabung dalam suatu Wadah yang dinamai "Forkis".
Pelukis yang ditemui sobat triper kali ini adalah Mochamad Sobirin.
Begitu sobat triper masuk ke rumah Sobirin, pesona artistik begitu terasa di rumah yang terletak di Jalan Terusan Spora No.65 Tani Mulya Indah ini.

Baca juga: Tips Menikmati Blue Fire Kawah Ijen

Pada sobat triper, Sobirin menerangkan ihwal dirinya menjadi seorang Pelukis.
Awalnya, dirinya mulai melukis secara otodidak. 
Kebiasaan menggambar yang dilakukqn Sobirin sejak masuk Sekolah Dasar. 
Memasuki masa SMP, Sobirin mengikuti kejuaraan lomba melukis dan menggambar. Hasilnya menyabet juara ke 1 dan Juara ke 2 se Wilayah lll yang meliputi beberapa kabupaten di Wilayah Cirebon.
Sewaktu di SMA, Sobirin diberikan tugas dari guru untuk membuat papan nama.
Lukisan Karya Mochamad Sobirin


Dari situlah dia mulai dikenal sebagai tukang gambar dan pernah meraih juara pertama pada kejuaraan di wilayah lll di Kota Cirebon dengan tema Lingkungan Hidup.
Lepas dari SMA, Sobirin pun masuk ke Seni rupa ITB tahun 1985 jurusan Grafis dan kemudian bergabung pada suatu Komunitas Seniman yang ada di Bandung.
Lukisan karya Mochamad Sobirin

Namun karena dirinya pindah ke Cimahi, lalu bergabung pada komunitas Pelukis Cimahi (Forkis).
Sobirin termotivasi kembali untuk berkarya. Sebelum akhirnya dia terkenal sebagai pelukis bernuansa tempo doeloe menggunakan media pulpen dan kertas dengan teknik garis-garis yang dijadikannya sebuah lukisan yang indah.

Kontributor: Edison