Cantiknya Terumbu Karang Gili Ketapang

@ NativeIndonesia.com


Gili Ketapang merupakan desa di wilayah administratif Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Uniknya, Desa Gili Ketapang berada di pulau kecil yang terletak di Selat Madura, tepatnya 8 km di lepas pantai utara Probolinggo.

Luas pulau ini kurang lebih 68 ha dan dihuni oleh kurang lebih 7.600 jiwa. Masyarakat Gili Ketapang, selain bermata pencaharian sebagai nelayan, juga sebagai pedagang makanan untuk melayani traveller yang datang.

Soal kebersihan? Tidak ada sampah yang terlihat disini, semuanya murni pasir putih halus nan lembut. Tidak hanya itu saja, keasrian dan keteduhan kawasan ini benar-benar di jaga dengan baik. Tak hanya bersih, penduduknya pun sangat ramah dan bersahaja, membuat traveller serasa di rumah sendiri. 

Tak hanya itu semua, Gili Kepatang juga merupakan spot wisata bahari terindah yang ada di Jawa Timur.

Snorkeling, inilah aktifitas yang wajib dan harus dilakukan oleh traveller. Dengan snorkeling, traveller diajak menghampiri dan berkenalan dengan hewan-hewan bawah laut dan terumbu karang yang cantik. Salah satu ikan yang berada di sini adalah ikan badut atau yang lebih familiar dipanggil ikan nemo yang namanya sempat terkenal dan dijadikan sebagai salah satu judul film.

@ Ngetripyuk.id


Penduduk Gili Ketapang sudah sangat paham posisi titik-titik yang digunakan khsus untuk swafoto. Jadi traveller gak usah bingung mencari lokasi yang instagramable.

Titik swafoto, dibuat dengan menggunakan balok kotak segi empat. Ada berbagai macam tulisan seperti, selamat datang di Gili Ketapang, dan masih banyak lagi. Balok-balok ini diukur dan disesuaikan dengan kondisi terumbu karang. Jadi, spesies bawah laut ini tetap terjaga dengan baik.



Kontributor: Wulandari
Editor: Agus Hermawan