Pesona Danau Kaolin Aek Biru di Negeri Laskar Pelangi

Camoi Aek Biru



Camoi Aek Biru atau Danau Kaolin merupakan danau yang tercipta akibat penggalian tambang timah. Setelah kandungan timahnya habis, danau ini pun merefleksikan warna langit biru yang sangat indah. Sesuai dengan namanya “Aek Biru” yang artinya adalah air biru. 
Air berwarna biru dan hijau di Danau Kaolin



Selain danau yang berwarna biru, ada juga danau berwarna hijau yang menambah daya tarik Danau Kaolin ini dan dijamin akan membuat sobat triper untuk menyorotkan kameranya ke danau.


Tak hanya warna air danaunya saja yang menawan, perpaduan antara bebatuan kapur di sekeliling danau, terutama pada saat hari cerah, sungguh menciptakan landscape yang mempesona.
Suasana yang serba putih ini dengan perpaduan air berwarna biru, bakal membuat sobat triper serasa di Islandia.
Danau Kaolin ini berada di Jl. Raya Gadung, Desa Air Bara, Ranggas, Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung. Berjarak sekitar 50 Km dari Pangkalpinang dan memerlukan waktu kira-kira satu jam.
Keberadaan Danau Kaolin ini populer berkat Film Laskar Pelangi 2008 silam. 
Oh ya... Meski air danau ini terlihat bersih, tapi tidak disarankan buat sobat triper untuk mandi atau sekedar bermain air, karena tidak diketahui kandungan air di dalamnya.



Kontributor: Sandy Adiprana