Lagi Travelling ke Purworejo? Jangan Lupa Nikmati Es Dawet Jembut Kecabut

Dawet Jembut Kecabut. Foto: ist

Saat cuaca panas tentu sobat triper ingin menikmati minuman segar. Salah satu minuman segar yang sering dicari adalah es dawet.

Oh ya.. jika sobat sedang menikmati keindahan alam di Purworejo Provinsi Jawa Tengah, jangan lupa beli Dawet Jembut Kecabut.

Oops..!! Pikiran sobat jangan travelling kemana-mana loh.. Dawet Jembut Kecabut rasanya benar-benar enak, meski namanya terdengar jorok. Padahal nama itu hanya berasal dari sebuah singkatan saja.

Dalam Bahasa Jawa, jembut berati rambut kemaluan, sedangkan kecabut artinya tercabut.

Minuman segar erupakan minuman khas Purworejo itu diberi nama Jembut Kecabut karena lokasinya berada di sebelah timur Jembatan Butuh, Kecamatan Butuh yang disingkat Jembut Kecabut.

Oh ya.. Dawet khas Purworejo tersebut pertama kali dirintis oleh mbah Ahmad Dansri sekitar tahun 1950 an.

Proses pembuatan dawet atau cendol dilakukan manual dan dijamin tidak menggunakan bahan pewarna buatan. Sedangkan warna hitam di cendolnya berasal dari pewarna alami yakni jerami padi yang dibakar lalu abunya dihaluskan dan disaring.

Awalnya, tepung pati singkong direbus sambil diaduk dan diberi pewarna alami dari bakaran jerami, hingga menjadi adonan kental dan siap dicetak menjadi dawet.

Lantas racikan dawet itu diberi santan, gula kelapa dan es buat menghilangkan dahaga sobat triper di sela kesibukan saat siang hari.


Penulis: tim localtrip