Tak Ada Kubah Lava Baru di Gunung Merapi


Lereng Gunung Merapi. Foto: BPPTKG

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) terus melakukan pemantauan terhadap keberadaan kubah lava Gunung Merapi. Hingga kini belum ada kubah lava baru selain kubah lava 2021 yang berada di atas kubah Lava 1997.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida, dikutip dari radar jogja, memastikan gundukan di lereng Merapi bukanlah kubah lava baru. Pernyataan ini guna menjawab informasi yang beredar di sosial media, berupa munculnya kubah lava baru di kawasan lereng Gunung Merapi.

Baca juga: 21 Gunung Berapi di Indonesia Berstatus Waspada dan Siaga

Sebelumnya, beredar informasi berupa foto dan video yang memperlihatkan gundukan berwarna hitam dikelilingi tanah berwarna coklat dan abu-abu dari lereng Gunung Merapi. 

“Kami menegaskan bahwa meterial (gundukan) hitam yang terlihat bukan kubah lava baru,” tegasnya.

Hanik menambahkan, BPPTKG, telah melakukan observasi. Hasilnya material tersebut tidak berpijar. Kondisi ini berbeda dengan kubah lava yang berada di sisi barat daya Gunung Merapi. Berupa keluarnya lelehan lava pijar dan beberapa kali guguran material.

Baca juga: Dentuman Misterius Terdengar di Malang

“Kami simpulkan material tersebut adalah material vulkanik yang terbawa oleh aliran awan panas guguran,” tambahnya.

Hanik mengimbau masyarakat tak mudah termakan informasi di sosial media. Dia meminta agar warga terus memantau situs dan sosial media resmi miliki BPPTKG. Ini karena pihaknya selalu memperbarui informasi tentang Merapi.


Sumber: radar jogja