Melihat 'Potongan' Surga di Nusa Tenggara Timur

Keindahan tiga teluk dari puncak Pulau Padar.
Foto: arieputralabuan

Cobalah sobat triper lihat uang pecahan 50 ribu. Amati gambar di samping Penari Legong. 

Ya.. Ada gambar sebuah pulau tersembul ke atas permukaan bumi, itulah Pulau Padar. 

Pulau indah ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Komodo - Manggarai Barat, NTT.

Baca juga: Pesona Tersembunyi di Lembah Gunung Kawi

Traveller nusantara dan mancanegara sudah banyak yang menyaksikan suguhan keindahan luar biasa dari puncak Pulau Padar ini. Mereka yang pernah menjejakan kaki di Padar pasti ingat sekali tiga teluk dengan aneka warna berbeda: putih, hitam, dan pink.

Setiap hari, akan ada kapal cepat dan kapal kayu yang siap membawa traveller ke Pulau Padar. Berangkat dari Labuan Bajo, sobat triper akar berlayar sekitar 2 jam.  

Baca juga: Tertarik Wisata Ekstrim? Jelajahi Gua Istana Ular

Sepanjang perjalanan, mata sobat triper akan dimanjakan oleh keindahan gugusan pulau-pulau. Mulai dari Pulau Kelor, Pulau Kanawa, Pulau Mesa, Pulau Sebayur, Pulau Papagarang, Pulau Siaba, Pulau Mauwan, dan banyak lagi.

Rusa di Pulau Padar. Foto: arieputralabuan

Setiba di dermaga Pulau Padar, jika beruntung sobat triper akan bertemu dengan rusa yang jinak yang seolah siap meladeni traveller.

Untuk mencapai puncak, sobat triper harus melalui sekitar 870an anak tangga.

Setiap sisi dari pulau ini, mulai dari lembah hingga ke puncak merupakan spot foto terbaik. Di sisi kiri didominasi daratan, di sisi kanan lebih banyak jurang yang ceruknya langsung bertemu permukaan laut.

Anak tangga menuju puncak. Foto: arieputralabuan

Setelah tiba di puncak, sobat triper akan melihat tiga teluk berwarna indah. Akan tampak dihadapan sobat, daratan yang berselonjor. Angin sepoi tertiup dari utara dan selatan, timur dan barat. Ambil napas dalam-dalam, nikmatilah salah satu surga milik Indonesia ini.

Pada musim hujan, pulau ini didominasi warna hijau rerumputan. Rusa pun memiliki stok makanan tak terhingga banyaknya. 

Sebaliknya, pada musim kemarau pulau ini berwarna coklat. Warna coklat rerumputan menambah kesan eksotismenya. Dalam setiap musim, warna daratan memperkaya warna teluk di pantai. Dekorasi illahi inilah yang menjadi kekayaan alam nusantara.

Cukup penasaran, kan? Setelah pandemi ini berakhir, datanglah ke Pulau Padar, untuk melihat 'potongan' surga yang di Nusa Tenggara Timur.


Penulis: Arie Putra Labuan