Ke Tulungagung? Jangan Lewatkan Sejuknya Air Terjun Lawean

Air Terjun Lawean di lereng Gunung Wilis



Air Terjun Lawean berlokasi di lereng Gunung Wilis. Selain pemandangan yang indah, udaranya sangat segar. Meski perjalanan menuju air terjun Lawean cukup menantang, namun pesona alamnya sayang untuk dilewatkan.
Ketinggian air terjun Lawean sekitar 100 meter, dan merupakan air terjun tertinggi di Tulungagung. Selain menenangkan diri dari hiruk pikuk kota, di air terjun yang berada di Dusun Turi Desa Geger ini, sobat triper juga bisa menikmati kesegaran air terjun Lawean.
Air Terjun Lawean merupakan salah satu kawasan wisata Kabupaten Tulungagung, pada ketinggian sekitar 1.200 Mdpl  berjarak sekitar 25 km arah barat Kota Tulungagung.
Untuk menuju lokasi harus berjalan kaki kurang lebih 3 km melewati keindahan panorama perbukitan serta menyeberangi sungai di hutan. 
Mitos yang berkembang di sana, siapapun yang mandi di air terjun bercabang ini diyakini bisa mengobat segala penyakit yang diderita. 
Mitos tersebut berkembang karena adanya kepercayaan keberadaaan Roro Dewi Gangga, Roro Cemethi, Roro Willis dan Roro Endang Sampur yang dipercaya sebagai penguasa air terjun tersebut.
Tidak jauh dari air terjun Lawean, masih di Desa Geger Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung, terdapat Candi Penampihan.
Candi Pinampihan




Ikuti Juga: Ekspedisi Air Terjun Dewi Rengganis

Bangunan Candi berteras itu dilindungi pohan Kalpataru purba. Di Candi itu pula, terdapat lempengan prasasti Raja Balitung abad IX yang menyebutkan adanya patung Kili Suci, Asmoro Bangun, Patung Padi, dan Tirta Amerta yang merupakan peninggalan di masa nenek moyang.
Sobat triper yang ingin menikmati suasana asri air terjun, bisa memasukan nama air terjun Lawean pada agenda perjalanan.


Kontributor: Suprayitno