Misteri Di Balik Keagungan Gunung Semeru



    gambar: wikipedia

Gunung Semeru merupakan salah satu destinasi wisata alam terindah di Indonesia. Tak ayal jika gunung yang menjulang tinggi di dataran Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ini sering dipakai sebagai lokasi shooting film.

Dibalik keagungannya, Gunung Semeru juga terkenal sebagai salah satu tempat dan daerah yang menyimpan banyak misteri.

Berikut lokasi dan kisah yang diceritakan secara turun-temurun hingga kini.

1. Area Arcopodo

Area Arcopodo merupakan dataran luas di kaki Gunung Semeru dan sering dipakai sebagai tempat peristirahatan para pendaki.

Pos pendakian Arcopodo (2.903 mdpl) relatif mudah dicapai dari Pos Kalimati (2.698 mdpl). Namun, Pos Arcopodo yang dikenal sebagai titik pemberhentian sebelum ke puncak Semeru ini hanya berupa dataran seluas sekitar 20 meter persegi, dikelilingi pepohonan dan belasan prasasti untuk menghormati pendaki yang meninggal.

Menurut cerita rakyat, hanya orang-orang dengan kemampuan khusus yang bisa dapat melihat adanya satu pasang patung prajurit dari era Majapahit di area ini.

Kendati banyak yang mengaku pernah melihat “penjaga gunung” ini, namun sayang masih sedikit penjelasan mengenai ukuran hingga rupa asli patung. Sebagai kawasan yang terkenal sebagai area penghormatan untuk pendaki-pendaki yang meninggal, tempat ini konon digentayangi banyak makhluk gaib. Bahkan, menurut cerita rakyat, banyak mahasiswa dan pendaki gunung lainnya yang sering kesurupan di sini.

2. Puncak Mahameru

Puncak Mahameru adalah titik tertinggi di tanah Jawa. Keyakinan masyarakat kuno aalah puncak gunung ini merupakan tempat bersemayamnya para dewa. Makanya buat siapapun yang ingin mendengarkan suara-suara dewa, mereka harus semedi dulu di puncak Gunung Semeru.

Menurut kepercayaan warga setempat, puncak dari Gunung Semeru ini adalah tempat tinggal para dewa yang menguasai tanah air. Demikian juga menurut para sesepuh setempat, apabila ada seseirang yang ingin mendengar suara dan melihat penampakan para dewa, maka harus bertapa selama berbulan-bulan di gunung ini.

3. Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo atau danau Kumbolo yang berada di kaki gunung Semeru dikenal dengan pesonanya yang menawan.

Saking indahnya, lokasi di sekitar Ranu Kumbolo menjadi basecamp favorit para pendaki untuk beristirahat sebelum melanjutkan pendakian.

Di balik keindahannya yang menawan, ada larangan yang menyatakan bahwa setiap pendaki yang naik Gunung Semeru tidak boleh memancing atau menangkap ikan mas yang ada di Danau Ranu Kumbolo. Sebab menurut keyakinan para warga setempat, ikan mas ini adalah penjelmaan dari para dewi yang memang ditugaskan untuk menjaga kawasan Ranu Kumbolo. 

Mitos tentang ikan mas penunggu Ranu Kumbolo berlanjut dengan cerita penampakan sesosok wanita yang kerap muncul di kawasan danau ini. Diceritakan, wanita ini kerap muncul dengan berpakaian kebaya warna kuning yang kemunculannya ditandai dengan kepulan asap saat bulan purnama datang.